KALAU KULIT KAMU SENSITIF JANGAN PAKAI KOSMETIK DENGAN KANDUNGAN INI

Kulit setiap orang memiliki sensitifitas yang berbeda-beda. Jenis kulit pun akan menghasilkan efek yang berbeda-beda ketika kita menggunakan suatu produk. Makanya setiap produk makeup harus berbahan yang aman untuk semua jenis tipe kulit. Apalagi skincare yang biasa ita pakai, pasti berbahan kimia yang berbeda tergantung jenis kulitnya. Apakah produk ini aman untuk kulit kering, atau kulit berminyak.

Beberapa produk makeup maupun skincare pun menciptakan keamanan bagi konsumennya. Namun seaman apapun bahan suatu produk digunakan, kalau kita punya kulit yang sangat sensitive sih beda cerita.

Kulit sensitive sendiri akan gampang untuk kemerahan atau iritasi. Makanya untuk kamu nih yang kulitnya sensitive harap untuk pilih produk dengan yang benar ya. Walaupun sulit, tapi harus dilakukan karena untuk keberlangsungan kulitmu juga.

Pasti semua jenis kulit biasanya harus melakukan trial and error dulu ketika membeli suatu produk atau skincare, karena ga semua bahan kimia bakalan cocok di setiap kulit. Bahkan kalau kamu punya kulit yang badak sekalipun (cocok dengan jenis, bahan dan merek apapun) namun suatu ketika bisa ga cocok sama salah satu bahan kimia, sehingga bisa menimbulkan iritasi bahkan alergi.

Nah untuk kamu yang punya kulit manja (sensitive), harap untuk berhati-hati lagi ya dalam memilih produk, apalagi produk yang mengandung bahan kimia seperti di bawah iniā€¦.

1.Methylisothiazolinone

Bahan kimia yang satu ini mempunya tingkat reaksi alergi mencapai 10% loh. Kalau kamu merasa suatu produk cocok sama kulitmu, namun ternyata ada ada kandungan bahan ini, lebih baik kamu hindari ya. Methylisothiazolinone merupakan salah satu bahan pengawet. Untuk opsi lain atau lebih berjaga-jaga lagi, kamu bisa pilih dengan bahan yang meinumbulkan reaksi alerinya rendah, misalnya sebesar 1-2%

2.kosmetik yang berwarna

Untuk yang nomer 2 ini bukan berati larangan ya. Seperti yang kita ketahui bahwa produk-produk seperti eyeshadow, lipstick, eyeliner dan beberapa produk makeup lainnya pasti mengandung pewarna. Nah ternyata ada pewarna yang menyebabkan alergi, biasanya pewarna ini belum teruji oleh BPOM.

Kalau boleh saran sih, mending kamu beli produk makeup yang benar-benar merek terkenal atau brand lokal yang bagus juga banyak kok. Gapapa lebih mahal sedikit daripada kamu beli produk yang harganya murah namun bahan yang digunakannya pun berbahaya.

3.Phtalates Fixed

Kalau kamu menemukan makeup yang berbahan dari phatalates fixed ini lebih baik dihindari ya. Penelitian yang pernah dilakukan di New York mengatakan bahwa produk makeup atau skincare yang mengandung bahan ini akan menyebabkan iritasi kulit, bruntusan, asma, alergi, bahkan demam. Makanya penting untuk kamu yang punya kulit sensitive untuk menghindari bahan ini.

4.Bahan yang comedogenic

Walaupun bahan ini sedikit berbahaya namun bahan yang bercomedogenic ini ga cocok untuk kamu yang punya kulit sensitif. Bahan-bahan seperti ini bisa kamu temukan contohnya Lanolin Alkohol, Kalium Klorida, Sodium Laureth Sulfate, thylhexyl palmitate. Biasanya bahan-bahan tersebut terkandung dalam makeup, ataupun skincare lainnya. Makanya ga heran jika kamu pernah pakai makeup namun setelahnya malah beruntusan. Lebih baik kamu cari dari yang berbahan non-comedogenic, karena ga akan buat jerawat dan komedo.

5.Paraben

Paraben yang digunakan di produk kosmetik pun banyak jenisnya seperti Methylparaben Propil dan Butylparaben. Biasanya bahan ini digunakan agar produk bisa bertahan lama dari jamur dan mikroorganisme yang lainnya. tapi kalau bahan kimia masih ringan sih ga terlalu berbahaya.

Tapi harus di ingat lagi bahwa kulit yang sensitive lebih baik menghindari produk yang mengandung paraben. Masih banya kok produk-produk yang paraben-free.